Topik

Covid-19

Aturan Berpergian ke Luar Wilayah Pada Masa PPKM 9-22 Februari 2021

Generic placeholder image
Jessica Salsabillah

16 Feb 2021

PPKM adalah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang berskala mikro. Penerapan di masing-masing daerah akan ditentukan oleh pemerintah daerah di beberapa wilayah di 7 Provinsi :

  • Banten: Kab. Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.
  • DKI Jakarta: seluruh wilayah kota administratif
  • Jawa Barat: Kab. Bogor, Kab. Bekasi, Kab. Cimahi, Kota Bogor, Kota Depok, Kota Bekasi, dan Bandung Raya.
  • Jawa Tengah: Semarang Raya, Banyumas Raya, dan Kota Surakarta.
  • DIY: Kota Yogyakarta, Kab. Bantul, Kab. Gunungkidul, Kab. Sleman, dan Kab. Kulon Progo
  • Jawa Timur: Surabaya Raya, Madiun Raya, dan Malang Raya.
  • Bali: Kab. Badung, Kab. Gianyar, Kab. Klungkung, Kab. Tabanan, dan Kota Denpasar.
     

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan mengenai aturan berpergian ke luar kota pada masa PPKM yaitu, ada dua pokok aturan perjalanan di dalam negeri selama masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro yang berlangsung 9-22 Februari 2021. Hal itu didasarkan pada Surat Edaran (SE) Nomor 7 Tahun 2021 dari Satgas Penanganan Covid-19 tentang perpanjangan Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri di masa pandemi Covid-19.

Adapun syarat-syarat yang harus dipahami masyarakat adalah sebagai berikut :

1. Untuk perjalanan dalam negeri dengan tujuan ke Pulau Bali, diberlakukan aturan yang berbeda bagi pengguna jalur udara, laut dan darat.

  • Jalur udara: Diminta menunjukkan surat keterangan negatif tes real time (RT) PCR yang sampelnya diambil pada maksimal 2 x 24 jam sebelum keberangkatan. Sementara itu, untuk surat keterangan negatif tes antigen sampelnya maksimal diambil 1 x 24 jam sebelum keberangkatan.
  • Jalur laut dan darat baik menggunakan kendaraan pribadi maupun umum, diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif RT PCR atau antigen. Adapun sampel yang diambil maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.

 

2. Untuk pelaku perjalanan menuju Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa.

  • Jalur udara: wajib menunjukkan surat keterangan negatif Covid-19 menggunakan RT PCR yang berdasarkan pengambilan sampel maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan. Atau surat keterangan negatif Covid-19 hasil tes antigen dengan pengambilan sampel maksimal 2 x 24 jam sebelum keberangkatan.
  • Jalur laut: diharapkan menunjukkan surat negatif tes RT PCR yang sampelnya diambil maksimal 3 x 24 jam sebelum berangkat.
  • Pengguna kendaraan pribadi diimbau menunjukkan hasil negatif RT PCR atau antigen yang diambil 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.
  • Khusus pengguna kereta api, apabila enggan melakukan tes GeNose di stasiun keberangkatan, diharapkan menyiapkan surat keterangan negatif Covid-19 baik RT PCR maupun antigen yang sampelnya diambil maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan.
  • Khusus selama libur panjang atau libur keagamaan pada masa PPKM mikro, pelaku perjalanan jarak jauh darat kereta api dan kendaraan pribadi diharapkan menyampaikan keterangan negatif Covid-19 yang dibuktikan lewat RT PCR. Bisa juga rapid antigen atau pemeriksaan GeNose yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam sebelum keberangkatan.
  • Semua pelaku perjalanan baik yang menggunakan moda transportasi umum atau pribadi wajib mengisi formulir online untuk pelaku perjalanan.

3. Pemerintah Provinsi Kalbar melalui Surat Edaran Nomor 3596 Tahun 2020 menjelaskan mengenai syarat wajib tes swab dengan metode polymerase chain reaction (PCR) bagi penumpang yang mendarat di Bandara Internasional Supadio Pontianak, Kalimantan Barat.

Sampai disini sudah cukup jelas kan hal apa saja yang harus kamu persiapkan sebelum berpergian ke luar kota? Ingat selalu untuk tetap patuhi protokol kesehatan dimana pun kamu berada. Semoga perjalananmu menyenangkan dan akan lebih mudah jika memercayakan liburanmu bersama Master diskon! Unduh aplikasi Master Diskon di Play Store dan App Store dan dapatkan harga terbaikmu!

#PPKM # aturanberpergian # jawa # bali # pontianak
Generic placeholder image

DITULIS OLEH

Jessica Salsabillah

Content Writer