Rekomendasi

Pesona 7 Summits Versi Indonesia

Generic placeholder image
Master Diskon

12 Jun 2020

Berada di jalur gunung aktif atau ring of fire, Indonesia menjadi tempat yang tepat untuk kamu pecinta dan pendaki gunung sejati. Banyak sekali pegunungan-pegunungan indah yang bisa kamu kunjungi, salah satunya 7 summits Indonesia yang siap memuaskan jiwa petualanganmu. Sebagian orang menyukai aktivitas mendaki gunung karena menurut mereka ada banyak hal yang bisa dipelajari dari proses mendaki ini. Sebuah kebersamaan, pengenalan karakter, sampai penemuan jati diri. Sebelum memulai petualanganmu, Master Diskon punya 7 daftar gunung dengan puncak tertinggi di Indonesia. Yuk, kita simak.

 

  • Carstensz Pyramid, Pegunungan Jaya Wijaya Papua

Carstensz Pyramid atau biasa dikenal dengan puncak jaya berada di Timika, Papua. Gunung Carstensz juga merupakan gunung dengan puncak tertinggi di Indonesia. Dengan ketinggian mencapai 4.884 mdpl, gunung ini menjadi gunung yang istimewa terutama di negara beriklim tropis seperti di Indonesia, karena di gunung ini kita bisa menemukan salju.

 

  • Puncak Indrapura, Gunung Kerinci

Menjadi salah satu gunung yang menantang nyali, Gunung Kerinci seperti mempunyai pesona tersendiri untuk para pendaki gunung. Berada di ketinggian 3.805 mdpl, Gunung Kerinci menjadi gunung api aktif paling tinggi di Indonesia. Kalau kamu mendaki saat musim kemarau, suhu udara puncak Gunung Kerinci bisa mencapai 5 derajat Celsius. Sebelum mendaki, lebih baik persiapkan diri dengan perlengkapan pendakian yang lengkap, terutama persiapan fisik, ya.

 

  • Gunung Rinjani

Gunung yang berlokasi di Lombok NTB memiliki panorama alam yang memukau. Dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut (mdpl), Gunung Rinjani dikelilingi oleh alam yang hijau, pepohonan rindang, serta jernihnya kilau air menjadi sebagian surga kecil yang bisa kamu temukan ketika berkunjung ke Gunung Rinjani.

 

  • Puncak Mahameru, Gunung Semeru

Bayangkan dirimu berada di bawah hangatnya matahari yang sedang terbit, dengan luasnya hamparan Danau Ranukumbolo, semua keindahannya bisa kamu nikmati di Gunung Semeru. Sebagai puncak tertinggi di Pulau Jawa, Gunung Semeru memiliki ketinggian 3676 meter di atas permukaan laut (mdpl). Walaupun pendakian menuju puncak Mahameru tergolong illegal karena dikhawatirkan Gunung Semeru melontarkan lava pijarnya, kamu tetap bisa kok menikmati keindahan lainnya seperti di daerah Ranu Regulo dan Ranu Pani.

 

  • Puncak Rantemario, Gunung Latimojong

Gunung Latimojong yang merupakan gunung tertinggi di Sulawesi ini memiliki puncak yang bernama Puncak Rente Mario (3478 mdpl). Rente Mario dikelilingi 6 gunung disekitarnya, antara lain Buntu Sinaji, Buntu Sikolong, Buntu Bajaja, Buntu Latimojong, Rante Kambola dan yang terakhir Buntu Nenemori. Jika kamu mendaki saat cuaca cerah, kamu akan menemukan gulungan awan-awan seputih kapas di sekitar gunung. Indah, ya!

 

  • Gunung Binaiya

Gunung setinggi 3.005 mdpl menawarkan eksotisme yang benar-benar masih alami. Ada hal menarik sebelum mendaki Gunung Binaiya. Dipimpin oleh ketua adat Desa Pinalia, kita akan melewati proses upacara adat sederhana, tujuannya supaya kita selamat dan selalu dalam lindungan Tuhan.

 

  •  Gunung Bukit Raya 

Gunung yang terletak di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah ini memiliki ketinggian 2.278 mdpl, Gunung Bukit Raya menjadi Gunung Paling rendah diantara tujuh gunung lainnya. Walaupun menjadi gunung yang terendah, kamu tetap bisa menikmati keasrian flora dan fauna di sana karena gunung ini jarang dijamah oleh para pendaki.

 

Bagaimana, sudah siap menaklukan 7 Summits Indonesia?